7 Manfaat Menyertakan Olahraga Yoga di Kegiatan Sehari-hari

7 Manfaat Menyertakan Olahraga Yoga di Kegiatan Sehari-hari
05 Okt

Olahraga yoga sudah dikenal sejak lama, menurut sebuah informasi sudah sekitar 5.000 tahun lalu. Tidak hanya difungsikan sebagai cara untuk menjaga kesehatan jasmani saja, tetapi juga rohani. Pose-posenya terbagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari mudah, sedang, dan sulit. Pemula, bisa mencoba gerakan yang mudah terlebih dahulu.

Tidak seperti basket, voli, berenang yang membutuhkan area khusus. Yoga bisa dilakukan di ruangan manapun dengan berbekal matras. Ada pula gerakan setelah bangun tidur di atas kasur. Kenapa perlu melakukan yoga setiap hari? Berikut ini manfaat-manfaatnya.

1. Mengurangi tingkat stress
Semakin bertambah umur seseorang, masalah yang akan dihadapi semakin kompleks. Mulai dari masalah pekerjaan, rumah tangga, keluarga, dan masih banyak lainnya. Anda perlu tubuh sehat dan pikiran yang tenang untuk menekan tingkat stress yang mungkin terjadi dan mencari solusinya.

Dengan olahraga yoga, anda bisa terhindar dari stress. Hormon korsitol akan menyampaikan informasi kepada tubuh, jika situasi sedang kritis. Jika berlanjut dalam jangka panjang bisa mengganggu beberapa fungsi tubuh. Salah satu solusinya yaitu dengan mereduksi stress dengan pose-pose yoga.

2. Memproduksi antioksidan
Hal buruk yang didapatkan dari kegiatan sehari-hari bisa bersumber dari lingkungan, asupan makanan, dan lain-lain. Pertahanan alami tubuh untuk menangkal radikal bebas yaitu antioksidan. Gerakan yoga bisa membantu sistem imun tubuh memproduksinya lebih banyak sehingga cukup untuk melindungi anda dari penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Detak jantung sehat
Sistem saraf merupakan poin penting yang harus dijaga untuk mengembalikan kondisi mental setelah mengalami tekanan stress. Fungsi ini dijalankan oleh sistem saraf parasimpatik untuk mengarahkan darah ke organ pencernaan, kelenjar endokrin, dll. Dikatakan, seseorang yang rutin beryoga akan mempunyai tekanan darah dan detak jantung yang baik.

4. Metode penyembuhan kecanduan
Kecanduan mengonsumsi makanan-makanan kurang sehat sampai zat berbahaya akan sangat merugikan tubuh. Seseorang bisa mulai olahraga yoga untuk mendapatkan dopamin secara natural dan cukup untuk mengatasi hal yang menimbulkan kecanduan.

5. Mempertajam daya ingat
Menurut info tentang scan otak manusia yang dilakukan oleh para peneliti menyebutkan jika orang-orang yang rajin beryoga mempunyai ‘gray matter’ lebih banyak di otak. Fungsinya sebagai pusat analisa informasi dan pemrosesan data yang ditangkap oleh ingatan. Area itu dapat meluas dengan gerakan-gerakan yoga sehingga memunculkan potensi ingatan akan semakin tajam.

6. Percaya diri melangkah ke masa depan
Banyak orang bermasalah dengan masa lalu. Anda harus mulai melangkah ke masa depan dengan memetik pelajaran dari masa lalu, tetapi bukan berarti mengingat kesedihannya sepanjang hari. Dari testimoni yang diberikan oleh penggiat yoga, olahraga ini bisa membantu seseorang lebih fokus menatap masa depan.

Setelah mengetahui enam manfaat olahraga yoga di atas, anda bisa mulai rutin melakukannya.