Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Ketiak agar Tidak Minder Lagi?

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Ketiak agar Tidak Minder Lagi?
07 Sep

Bau ketiak merupakan masalah yang sangat umum terjadi, apalagi orang-orang yang sedang masuk masa pubertas, sudah pasti ketiaknya lebih mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak heran untuk mengatasi bau yang membuat orang lain tidak nyaman itu, mereka berusaha mencari cara menghilangkan bau ketiak. Kalau baunya dibiarkan saja, tentu mereka akan terus minder saat bertemu banyak orang.

Bau ketiak disebabkan karena keringat apokrin yang dikeluarkan dari kelenjar keringat mengandung lemak dan terurai dengan bakteri. Semakin banyak keringat yang dihasilkan, tentu bau yang dikeluarkan juga akan semakin tidak sedap. Karena itulah, Anda harus mengatasinya dengan cepat karena membuat orang lain tidak akan nyaman berada di sekitar Anda.

Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara jitu agar bau ketiak tidak muncul lagi.

Jangan Menggunakan Sembarangan Obat
Meskipun bau yang dikeluarkan masih normal-normal saja, masih ada saja orang yang mengalami masalah bau ketiak yang terlalu berlebihan karena masalah keringatnya yang sulit dikontrol. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, berarti Anda mengalami hiperhidrosis. Untuk mengatasinya, Anda memang membutuhkan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya untuk mengatasinya, mereka akan memberikan obat yang sudah disesuaikan dengan kondisi keringat Anda.

Namun, biasanya bau ketiak akan sulit hilang dengan mengkonsumsi obat-obat tertentu. Kalau Anda masih mengalami masalah bau ketiaknya, tidak ada salahnya Anda meminta dokter untuk mengganti obat-obatnya. Pastikan Anda jangan sembarangan mengkonsumsi obat agar bau ketiaknya bisa cepat hilang.

Gunakan Deodoran atau Antiperspiran
Cara menghilangkan bau ketiak yang paling simple yaitu memakai deodoran atau antiperspiran. Dengan menggunakan deodoran, aroma yang dimilikinya akan menyamarkan bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh ketiak Anda. Selain itu, kandungan dalam deodoran juga akan membuat daerah ketiak Anda akan menjadi lebih asam yang ampuh untuk mencegah reaksi pencampuran bakteri dengan keringat.

Begitu pula dengan antiperspiran yang sama ampuhnya mengurangi bau tidak sedap pada ketiak Anda. Dalam antiperspiran, terdapat kandungan bahan aktif, yakni aluminium klorida yang ampuh bekerja untuk memblokir kelenjar apokrin. Kelenjar tersebut merupakan kelenjar yang aktif memproduksi keringat. Dengan begitu, kalau Anda menggunakannya secara rutin, terlebih sesaat setelah mandi, jumlah keringat Anda akan menjadi lebih berkurang dan baunya pun juga ikut berkurang.

Jagalah Kebersihan Tubuh
Bagi Anda yang jarang mandi, sudah pasti tubuh akan dipenuhi banyak bakteri, terutama di bagian ketiak. Bakteri yang menempel dan semakin menumpuk karena jarang dibersihkan akan membuat kulit akan semakin kotor sehingga bau tidak sedap akan mudah muncul. Untuk mencegahnya, Anda perlu membersihkan tubuh secara rutin dengan mandi 2 kali sehari.

Saat mandi, pastikan Anda membersihkan seluruh bagian tubuh dengan sabun sampai bersih agar bakteri-bakteri yang menempel hilang. Agar bakteri tidak mudah berkembang dengan cepat, jangan lupa juga handukanlah tubuh sampai benar-benar kering.

Perhatikan Menu Makanan yang Anda Konsumsi
Memperhatikan menu makanan yang Anda konsumsi juga merupakan cara menghilangkan bau ketiak yang efektif. Beberapa makanan mengandung bahan yang membuat bau ketiak tidak sedap, seperti bawang merah, makanan yang mengandung pedas, minuman yang mengandung alkohol, dan sebagainya.

Agar bau tidak sedap mudah muncul pada ketiak Anda, cobalah untuk menghindari makanan-makanan tersebut. Ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah-buah, seperti jeruk, apel, pir, semangka dan sebagainya untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Jika masalah bau tidak sedap belum terselesaikan juga, konsultasilah dengan dokter agar bisa mendapat perawatan yang ekstra. Tapi tetap usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan gunakan deodoran atau antiperspiran agar bau tidak sedapnya bisa tersamarkan.