Data Memory Card yang Terformat Bisa Kembali

Data Memory Card yang Terformat Bisa Kembali
06 Sep

Memory card merupakan sebuah tempat penyimpanan yang biasa digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti foto, musik, file, dan lainnya.

Dengan adanya memory card ini, orang orang bisa lebih leluasa menyimpan datanya tanpa khawatir memori internal HP nya penuh dan menjadi lemot.

Memory card sudah digunakan sejak bertahun tahun yang lalu, mulai dari HP yang masih memiliki tombol fisik untuk mengoprasikannya, hingga saat ini dengan model handphone terbaru yang semuanya serba touch screen.

Data yang berada di dalam memory card biasanya akan terus disimpan oleh pemiliknya karena dapat mengingatkannya pada kenangan kenangan yang telah dilalui.

Namun, bagaimana jika secara tidak sengaja data tersebut terhapus? Apakah bisa dikembalikan lagi seperti semula?

Jangan panik, data yang sudah terformat tersebut dapat dikembalikan dengan mudah. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui caranya!

1. Gunakan Bantuan Komputer
Dengan bantuan komputer, Kamu hanya perlu menginstall softwere pandora recovery. Setelah itu, hubungkan HP dengan komputer. Atau Kamu juga bisa menggunakan card reader untuk menghubungkan kartu memori langsung ke laptop/ komputer.

Lalu, Kamu hanya perlu menjalankan softwere tersebut. Lakukan pencarian dengan search drive dan arahkan pada memory card. Kemudian pilih data yang ingin Kamu kembalikan, dan tekan tombol recovery.

2. Tanpa Bantuan Komputer
Jika Kamu ingin mengembalikan data yang terhapus dengan aplikasi android, Kamu bisa mencoba cara yang kedua. Yaitu dengan menginstall aplikasi android untuk mendapatkan kembali data yang Kamu mau.

Yang pertama adalah aplikasi Dig Deep Image Recovery. Seperti namanya, aplikasi android yang satu ini dapat digunakan untuk membantu mengembalikan foto yang telah terhapus dalam memory card.

Untuk mengembalikannya, Kamu hanya perlu menjalankan aplikasinya. Lakukan scan pada perangkat seluler, pastikan memory card yang ingin direcovery terpasang pada HP yang digunakan.

Setelah itu, pilih gambar atau foto yang ingin dikembalikan dan klik recovery. Maka Foto lawas Kamu yang penuh kenangan telah berhasil dikembalikan.

Yang kedua adalah dengan menggunakan Disk Digger.

Berbeda dengan aplikasi pertama yang hanya bisa mengembalikan gambar dan foto, Disk Digger juga bisa mengembalikan file, video, musik, dan data lainnya.

Cara menggunakannya sama seperti aplikasi sebelumnya, yakni hanya perlu menginstall dan menjalankannya.

Cara cara mengembalikan data yang terformat tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Kamu bahkan tidak perlu menyewa ahli untuk dapat mengembalikan data tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengembalikan data pada memory card dengan mudah yang dapat Kamu lakukan.

Ada baiknya jika data data yang Kamu anggap penting itu selalu di backup sebelumnya, untuk mengantisipasi adanya hal hal buruk yang mungkin terjadi pada data pribadi Kamu yang disimpan di dalam memory card tersebut.