Kenali Gejala Demam Berdarah Dapat Selamatkan Jiwa

Kenali Gejala Demam Berdarah Dapat Selamatkan Jiwa
23 Sep

Demam berdarah merupakan infeksi oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, berciri-ciri belang-belang putih. Cara penanganan yang tepat yakni dengan segera meningkatkan trombosit pada demam berdarah dapat dilakukan secara alami maupun obat-obatan. Sebab pasien DBD sangat rentan terhadap dehidrasi.

Setiap orang wajib mengetahui gejala demam berdarah supaya bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat dan menyelamatkan pasien. Gejala DBD bisa muncul 7 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi virus. Berikut ini beberapa gejala yang wajib dipahami:

● Otot dan sendi terasa sakit.
● Ruam di kulit yang dapat hilang-timbul.
● Sakit kepala yang hebat.
● Terasa sakit di bagian belakang mata.
● Terkadang terjadi nyeri ulu hati, sebab pendarahan di lambung.
● Panas tinggi secara mendadak selama 2 hingga 7 hari, terlihat lemas, suhu tubuh mencapai 38 hingga 40 derajat celcius atau bahkan bisa lebih.
● Terlihat bintik-bintik merah di kulit, namun bila diregangkan bintik tersebut tidak hilang.
● Terjadi pendarahan di selaput lendir mukosa, alat kerja gastrointestinal, tempat suntikan, atau bahkan pada luka bekas operasi.
● Kadang terjadi mimisan atau pendarahan di hidung.
● Hematemesis (muntah berdarah) atau melena (feses hitam berbau busuk)
● Mungkin terjadi muntaber.
● Trombositopenia (Kurangnya kadar trombosit dalam tubuh)
● Positif pada tes Torniquet (tes kerapuhan pembuluh darah kapiler)
● Apabila sudah parah, penderita terus merasa gelisah, ujung tangan dan kaki dingin berkeringat.

Gejala tersebut biasanya hilang setelah seminggu, dan pada demam berdarah ringan jarang melibatkan kompilasi yang serius atau fatal. Ada dua jenis DBD yakni DHF atau Dengue Hemorrhagic Fever (demam berdarah ringan). Serta Sindrom Syok Dengue (demam berdarah parah dan dapat menyebabkan kematian).

Beberapa pakar kesehatan menyarankan dalam menangani kasus demam berdarah hanya membutuhkan banyak cairan ketika terjadi kebocoran atau dehidrasi berlebih. Tetapi jika ketika kebocorannya sudah selesai, maka dalam waktu 2×24 jam asupan cairan harus segera dikurangi.

Penyakit demam berdarah dapat dicegah dengan 3M yakni Menguras, Menutup bak penampungan air. Serta Mengubur barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk. Gunakan pakaian yang menutup tubuh atau kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk. Dan jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar Anda.