Review

Manfaat Probiotik untuk Menyembuhkan Diare

Selama ini bakteri selalu dianggap jahat dan merugikan. Ternyata bakteri juga ada yang menguntungkan bagi tubuh manusia yang disebut dengan probiotik. Dimana bakteri baik tersebut tidak akan menimbulkan penyakit namun sangat bagus bagi saluran pencernaan. Probiotik secara alamiah berada di dalam usus manusia. Dimana probiotik tersebut bisa diperoleh dari makanan seperti yogurt, keju maupun produk lain yang berasal dari susu. Saat ini probiotik juga bisa diperoleh dari suplemen yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Dalam kondisi yang normal, bakteri baik yang ada di dalam usus jumlahnya bisa melebihi bakteri jahat. Dengan demikian saat anda mengkonsumsi asupan probiotik maka dampak dari bakteri jahat dapat ditekan. Probiotik mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh diantaranya dapat meningkatkan sistem imun, menyehatkan organ pencernaan, mencegah diare maupun konstipasi dan memperlancar proses penyerapan makanan maupun nutrisi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka bisa diketahui bahwa probiotik juga bagus untuk menyembuhkan diare tidak hanya untuk orang dewasa bahkan untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose dapat bekerja secara ampuh menyembuhkan diare secara cepat. Dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi probiotik maka proses penyembuhannya memang terbukti lebih cepat dan ampuh.

Tak perlu khawatir karena probiotik aman dikonsumsi selama masih dalam dosis yang sesuai anjuran. Namun ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan sesudah mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik yaitu muncul perut kembung. Tetapi gejala tersebut bisa di hilang dalam hitungan hari. Bagi yang memiliki masalah dengan intoleransi laktosa maka mengkonsumsi probiotik dari produk susu maka bisa menimbulkan rasa yang kurang nyaman di perut. Supaya kondisi tersebut aman maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi probiotik.

Melalui informasi di atas dapat diketahui bahwa mengkonsumsi probiotik tidak hanya ampuh untuk menyembuhkan diare tetapi juga bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain probiotik yang bagus untuk pencernaan perlu diketahui juga bahwa pentingnya asupan kalsium selama kehamilan harus selalu diperhatikan.

Anda mungkin juga suka...