Mengenal Retina, Bagian Mata Paling Sensitif

Mengenal Retina, Bagian Mata Paling Sensitif
04 Agu

Mata merupakan salah satu organ tubuh penglihatan yang sangat vital. Mungkin kita terbiasa hanya melihat mata saja, tanpa mengenal lebih jauh bagian-bagiannya meski pada masanya pernah mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tepatnya pada pelajaran Biologi. Salah satu yang bagian mata adalah retina. Mengenal retina bagian mata merupakan salah satu usaha mengetahui apa saja yang harus kita jaga untuk retina ini.

Retina merupakan selapis tipis yang tempatnya berada di bagian belakang bola mata vertebrata dan chepalopoda. Gunanya retina adalah untuk mengganti cahaya menjadi sinyal saraf. Retina tak hanya menerima cahaya, ia juga punya peran penting dalam penerimaan visual. Nah, kalau yang mengalami minus atau plus itu, bayangan itu (bayangan yang ditangkap oleh kornea mata) tidak tertangkap langsung oleh retina. Itulah kenapa bayangan yang difokuskan terlihat tidak jelas. Lihat wajah orang dalam beberapa meter, nampak rata. Jadi, kalau ketemu teman minus dan dia nggak pake kacamata, jangan disangka sombong. Itu karena nggak bisa melihat dengan jelas.

Mengenal Retina Bagian Mata

Apa saja bagian retina itu? Sampai kemudian ada beberapa lapisan yang memberikan sensor hingga ke saraf untuk bisa bekerja. Retina kita memiliki sepuluh lapis. Urutannya ke arah kornea adalah sebagai berikut,
1. Retinal pigment epithelium (RPE)
2. Lapisan fotoreseptor segmen dalam dan luar.(Rods/Cones)
3. Membran limitans eksterna – Lapisan yang membatasi bagian dalam fotoreseptor dari inti selnya
4. Lapisan luar inti sel fotoreseptor
5. Lapisan luar plexiformis – Pada bagian makular, ini dikenal sebagi “Lapisan serat Henle” (Fiber layer of Henle).
6. Lapisan dalam badan inti
7. Lapisan dalam plexiformis
8. Lapisan sel ganglion – Lapisan yang terdiri dari inti sel ganglion dan merupakan asal dari serat saraf optik.
9. Lapisan serat saraf – Yang mengandung akson – okson sel ganglion yang berjalan menuju ke nervus opticus.
10. Membran limitans interna – Tempat sel-sel Műller berpijak.

Bagaimana menjaga retina mata

Sebagaimana kita tahu, mata merupakan salah satu indra paling penting dalam tubuh kita. Pun dengan retina di dalamnya yang ternyata kita pahami lebih jauh, kok, ya ribet banget. Betapa Pemilik Semesta telah sebaik-baiknya mengatur segala macam indra yang ada di tubuh kita. Lalu, sebagai manusia, apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga retina mata?

1. Berolahraga
Wah, olahraga? Bagaimana mungkin mata harus berolahraga. Tunggu dulu, pemahaman olahraga mata tentunya tidak sama dengan kalimat yang dipahami selama ini. Hubungi dokter mata terdekat bagaimana caranya menjaga olahraga mata. Yang pasti, jangan lakukan olahraga berat di mana banyak mengeluarkan tenaga. Karena proses melakukannya bisa mengganggu otot-otot mata yang berakibat fatal ke retina.

2. Hindari stres
Stres sepertinya menjadi sumber dari segala sumber penyakit. Pun dengan mata, jangan paksa mata supaya tetap mau bekerja. Setiap bagian dari indra tubuh kita punya hak untuk istirahat. Jangan sampai karena beban kerjaan dan sebagainya, kita tetap memaksa mata untuk bekerja sehingga mata mulai lelah tak ada jatah istirahatnya. Tidur yang cukup, adalah salah satu bentuk istirahatnya mata dan retina.

3. Menjaga Mata
Mata dan retina punya hak yang sama di dalam tubuh kita. Siang malam mereka bekerja sama dengan saraf untuk mengendalikan apa yang manusia kerjakan. Maka sudah selayaknya kita menjaga mata. Usahakan memakai kacamata ketika kita sedang berhadapan dengan hal-hal yang membahayakan. Tak hanya itu, debu dan asap knalpot pun bisa menjadi perantara dampak buruk kerusakan mata dan retina, jadi berusahalah menggunakan pelindung mata. Jangan lupa, menggunakan kacamata ketika menghadap komputer.

4. Berhenti Merokok
Siapa nyana, jika asap rokok yang dihirup itu mampu merusak retina mata. Alasannya? Jadi, nikotin dalam rokok itu bisa menghambat sirkulasi darah ke retina dan bisa merusak pembuluh darah di wilayah mata. Tuh, kan… Nyatanya rokok tak hanya merusak paru-paru dan jantung saja. Rokok jika dihisap terus menerus bisa menurunkan jumlah antioksidan dalam darah, kemudian imbasnya akan menurunkan daya tahan mata dan kesehatan mata kita jadi terganggu.

5. Memperhatikan Pola Makan
Setelah olahraga, menghindari setres, menjaga mata dan berhenti merokok, salah satu yang harus kita jaga adalah pola makanan. Ini tentu saja penting, karena asupan yang mengalir ke dalam tubuh otomatis akan mengalir juga ke retina mata. Berusahalah untuk memenuhi nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan mata. Konsumsi sayuran dan buah selain vitamin bisa menjadi salah satu resep untuk menjaga kesehatan retina. Sayuran berwarna hijau semisal dari brokoli dan bayam merupakan kebutuhan vitamin mata.

Seyogyanya, selain mengenal retina bagian mata, sudah selayaknya juga kita menjaga retina bagian mata. Karena sejatinya, ketika salah satu organ dari kita tak berfungsi nantinya, ia tak akan ada dijual di mana-mana. Sakit itu mahal, teman.