Penyakit Menular Seksual Herpes

Penyakit Menular Seksual Herpes
09 Okt

Infeksi menular seksual atau penyakit menular seksual merupakan sebuah infeksi yang menular melalui hubungan intim. Biasanya penyakit ini bisa ditandai dengan ruam atau lepuhan serta rasa nyeri di area kelamin.

Sesuai dengan namanya, penyakit menular seksual ini akan menular melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, atau oral. Bukan hanya hubungan sex saja, penularan ini juga bisa terjadi melalui transfusi darah dan berbagai jarum suntik. Dari sekian banyak penyakit seksual menular, salah satunya adalah herpes.

Kebanyakan orang mungkin akan beranggapan bahwa jika penyakit herpesini merupakan salah satu penyakit yang akan menyerang kulit. Memang pendapat tersebuttidak salah tetapi yang lebih jelasnya lagi jika herpes ini adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari virus Varicella Zoster. Virus ini merupakan sebuah virus yang bisa menyebabkan penyakit cacar air yang akan aktif dan menetap pada sel saraf. Penyakit Herpes ini bisaterjadi saat daya tahan tubuh sedang menurun dan dalam kondisi stres berat. Seseorang yang pernah terpaparpenyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya tetapi dalam jangka waktu tertentu dapat kambuh kembali. Jika terjadinya sentuhan kulit secara langsung maka penyakit ini akan bisa menular dan virus ini juga akan bisa menyebar melalui udara. Oleh karena itulah jika orang terdekat sedang mengalami herpes maka sebaiknya jangan berinteraksi terlebih dahulu dengannya. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan membahas seputar penyakit herpes sebagai berikut :

Jenis – Jenis Herpes

Perlu anda ketahui bahwa ada2 jenis dari herpes ini yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zoster ini adalah herpes yang disebabkan oleh varicella zoster yang akan menyerang permukaan kulit secara menyeluruh dan yang umumnya akan terserang adalah bagian badan. Dimana ditandai dengan adanya bercak kemerahan pada daerah yang terkena virus dan dalam waktu 12 hingga 24 jam akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air.

Sedangkan herpes simpleks atau bisa juga disebut dengan herpes genitalis yang akan menyerang bagian bibir, mulut, dan alat kelamin. Herpes simpleks ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu HSV 1 sebuah virus yang akan menyerang anak anak, dan HDV 2 yang akan ditularkan melalui hubungan seksual atau biasanya karena hubungan seksual yang tidak sewajarnya.

Cara Mencegah Herpes

Salah satu cara untuk mencegah herpes zoster bisa dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi. Dimana, sistem imun di dalam tubuh akan terangsang pada saat dilakukannya pemberian vaksin, sehingga nantinya tubuh akan dapat mengenali dan mampu melawan virus varicella zoster. Vaksin yang diberikan ini telah mengandung virus yang telah dijinakkan, lalu disuntikan untuk melawan virus yang jauh lebih kuat pada saat menyerang tubuh.Vaksinasi ini biasanya akan diberikan kepada lansia dengan usia 60 tahun, pasalnya diusia ini akan rentan sekali untuk terkena virus ini. Herpes zoster ini akan mudah sekali menyerang seseorang yang sedang stres dan sedang menjalani kemoterapi karena kondisi tubuh mereka lemah dan daya tahan tubuhnya menurun. Biasanya herpes zoster ini akan menyerang kaum muda, sedangkan mereka yang berusia tua akan disertai dengan terserangnya berbagai penyakit komplikasi.

Cara yang paling aman untuk supaya terhindar dari berbagai macam penyakit seksual seperti herpes, anda harus setia kepada pasangan anda, dan hanya akan berhubungan seksual dengan pasangan hidup anda. Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan semoga bermanfaat.