Rekomendasi Asupan Nutrisi Sesuai Tahap Perkembangan Anak

Rekomendasi Asupan Nutrisi Sesuai Tahap Perkembangan Anak
05 Jan

Kebutuhan nutrisi pada anak memegang peranan penting untuk menunjang perkembangan anak di setiap tahapan usia. Oleh sebab itu, orang tua harus mendampingi tiap tahap perkembangan anak agar kebutuhan gizi mereka terpenuhi.

Kebutuhan Nutrisi Sesuai Perkembangan Anak

a. Usia 6 hingga 12 bulan

Pada rentang usia ini, anak kian mengalami perkembangan yang pesat terutama kemampuannya untuk bergerak. Anak sudah pandai tengkurap, dan kerap berguling-guling karena tulang belakangnya sudha mulai menguat. Bahkan, Si Kecil mulai belajar bertatih dan berjalan barang satu dua langkah. Agar tumbuh kembangnya ditunjang secara optimal, maka pemberian nutrisi perlu dicermati.

Anak dalam rentang usia 6 hingga 12 bulan membutuhkan asupan buah-buahan, sayur-sayuran, serela, protein, dan susu. Jenis buah-buahan yang direkomendasikan antara lain pepaya, pisang, dan melon. Sedangkan jenis sayurannya seperti wortel, kentang, dan labu. Protein yang bagus antara lain telur, ikan, dan kacang-kacangan. Pemberian biskuit gandum, nasi sereal, dan roti pun bagus.

b. Usia 1 hingga 3 tahun

Pada rentang usia ini, sisi motorik dan psikologis anak sudah semakin berkembang. Anak akan mampu berjalan lebih stabil dan pandai meniru kebiasaan yang dilakukan orang di sekitarnya. Selain itu, kemampuan bahasanya semakin membaik dan akan mulai paham arti kata yang diucapkan. Dalam urusan makanan, anak sedang berada pada tahap perpindahan.

Mereka secara perlahan mulai mengikuti pola makanan untuk orang dewasa. Oleh sebab itu, buatlah makanan sehat yang memiliki rasa berbeda dan warna yang menarik. Hindari makanan yang mengandung kalori dan pemanis buatan. Agar kalsiumnya terpenuhi, maka berikan susu secara rutin. Selain itu, atur pola makannya sebanyak tiga kali sehari diselingi camilan.

c. Usia 3 hingga 5 tahun

Saat anak memasuki rentang usia ini, maka mulai disiplinkan anak untuk mengonsumsi sumber makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, susu, dan biji-bijian. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan tinggi lemak dan rendah nutrisi seperti permen, snack ringan, junk food dan minuman soda.

Setiap tahapan perkembangan anak bervariasi berdasarkan usia sehingga asupan makanan sebagai penunjang pun tidak boleh sembarangan. Rekomendasi sumber nutrisi sesuai usia yang sudah disebutkan dapat Anda terapkan agar pertumbuhannya optimal.