Gaya Hidup

Siap Sambut Bulan Ramadhan, Cara Mengatasi Penyebab Kulit Kering

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia.

Selain mencari berkah dan pahala untuk bekal di akhirat, berpuasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan pada manusia.

Namun, tidak mengonsumsi asupan makanan apapun selama lebih dari 12 jam dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan kulit, yakni dehidrasi kulit. Hal ini karena sistem metabolisme seseorang akan tetap berjalan sama seperti biasanya walaupun tidak ada asupan yang masuk.

Tubuh akan tetap mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat dan buang air kecil.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyebab kulit kering saat bulan puasa? Untuk mengetahui informasi lebih detailnya, simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Lingkungan
Faktor lingkungan seperti sinar UV dan polusi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan masker wajah saat berada di luar ruangan agar tidak terkena polusi.

Bagaimana dengan sinar UV? Memang benar sinar UV dapat masuk ke dalam rumah sekalipun.

Oleh karena itu, Kamu wajib menggunakan sunscreen setiap harinya.

Atau untuk alternatif lain, Kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya juga di dalamnya. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kelembaban kulit dan juga melindungi kulit dari sinar UV yang ada.

2. Bahan Iritan
Bahan iritan bisa ditimbulkan dari kosmetik yang digunakan seseorang. Seperti yang Kita ketahui, kosmetik sudah menjadi sahabat setia bagi kaum hawa. Karenanya, mereka lebih rentan terkena masalah kulit kering akibat bahan kosmetik yang digunakannya.

Cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan memilih kosmetik yang memiliki bahan aman bagi kulit.

Sebagai contoh saja dalam hal facial wash, facial wash yang terasa kesat setelah digunakan berarti memiliki kandungan detergen yang tinggi. Hal ini yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering.

Penggunaan pelembab setelah mencuci muka sangat disarankan untuk agar dehidrasi kulit tetap terjaga kelembabannya.

3. Stres
Stres juga dapat terjadi pada bulan puasa. Pekerjaan menumpuk dengan deadline siap menunggu membuat banyak orang stres terhadapnya.

Karena itu, Kamu sebaiknya menghindari stres yang mungkin muncul. Kamu bisa melakukan jala-jalan ringan untuk sekadar memberikan otak waktu untuk beristirahat.

Selain itu, istirahat cukup di malam hari juga dapat mengurangi beban stres yang diterima oleh otak Kita.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengatasi penyebab kulit kering pada saat puasa?
Tapi tentu saja Kita harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Asupan tersebut haruslah memiliki nutrisi yang cukup dan cairan yang banyak.

Usahakan untuk tetap meminum air putih 8 gelas sehari yang bisa dibagi menjadi 2 gelas setelah berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Cairan yang dibutuhkan tubuh bukan hanya berasal dari air putih saja, tetapi juga dari sayur dan buah seperti contohnya semangka dan jeruk.

Anda mungkin juga suka...