Beberapa Cara Mudah Mengatasi Nyeri Payudara Pada Saat Menyusui

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Nyeri Payudara Pada Saat Menyusui
16 Jun

Tidak jarang proses menyusui akan terganggu karena nyeri payudara. Padahal seharusnya proses menyusui ini adalah sebuah hal yang menyenangkan karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan emosi bayi. Mengalami sakit payudara pada saat sedang menyusui bukanlah hal yang wajar. Jika rasa sakit pada payudara tersebut terjadi beberapa saat pertama pada saat bayi yang baru lahir mulai disusui, maka hal ini adalah sebuah hal yang wajar. Tetapi jika payudara atau putting susu masih terasa sakit setelah beberapa kali menyusui maka tentunya ini ada sesuatu yang salah. Jika rasa sakit ini diabaikan begitu saja maka nantinya akan menimbulkan masalah yang semakin parah, oleh karena itu haruslah berhati hati. Lalu bagaimana cara mengatasi payudara nyeri saat menyusui?

Berikut beberapa cara mudah mengatasi nyeri payudara pada saat menyusui diantaranya yaitu :

1. Memastikan Si Kecil Menyusu Dengan Benar
Jika terjadinya sakit pada payudara ini karena posisi badan, kepala, ataupun mulut si kecil yang bermasalah, maka cobalah untuk menyesuaikan lagi tubuh atau kepala hingga merasa nyaman. Tetapi pada saat menyusu jangan sampai menghentikan dan melepaskan si kecil. Karena jika bayi dilepaskan pada saat dia sedang minum maka hanya akan membuat dirinya menjadi kaget dan bahkan rewel. Alangkah baiknya ibu menggeser tubuh atau kepala secara perlahan lahan saja sambil si kecil tetap menyusui.

2. Jangan Menunda Nunda Untuk Menyusui
Ibu kemungkinannya akan menjadi takut untuk menyusui pada saat payudara terasa nyeri dan kebas. Sehingga ibu pun akan menunda nunda untuk menyusui hingga bayi benar benar lapar terlebih dahulu. Padahal dengan menunda nunda menyusui hanya akan membuat bayi menjadi lebih kasar atau cenderung menggigit putting susu ibu pada saat akhirnya menyusui. Sedangkan jika menyusui pada saat suasana hati si kecil masih baik maka bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mengatur posisinya supaya lebih nyaman.

3. Menjaga Payudara Tetap Kering
Jika payudara ibu mengalami infeksi jamur atau bakteri, maka ibu harus memastikan tetap kering dan bersihnya area payudara. Oleh karena itu pilihlah bra atau pakaian katun yang cukup dingin, menyerap keringat dan cairan, serta dapat memperlancar sirkulasi udara pada area payudara. Setelah selesai menyusui maka sebaiknya jangan menunggu payudara hingga benar benar kering baru menggunakan bra atau pakaian. Pada saat mengeringkan payudara dan putting susu jangan digosok terlalu keras.

4. Mengoleskan Dengan ASI
Setelah ibu selesai menyusui bayi maka sisakan satu atau dua tetes ASI untuk dioleskan pada putting ataupun payudara. Kemudian biarkan hingga mengering dan tidak perlu diusap dengan tisu ataupun handuk. Hindari penggunaan produk atau krim buatan pabrik yang mengandung berbagai macam bahan kimia untuk dioleskan pada area payudara. Terkecuali jika ibu mendapatkan resep salep atau krim khusus dari dokter.

5. Jangan Pernah Menyabuni Payudara Terlebih Dahulu
Penggunaan sabun hanya akan membuat bagian payudara terlebih putting susu menjadi lebih kering dan pecah pecah. Sehingga nantinya payudara akan terasa nyeri terlebih pada saat bayi sedang minum. Oleh karena itu bersihkan payudara dengan menggunakan air hangat saja tanpa menggunakan sabun mandi.

Itulah 5 cara mudah mengatasi nyeri payudara pada saat menyusui. Selain itu masih ada cara yang lainnya yaitu payudara dikompres dengan kain dingin ataupun es batu yang telah dibalut dengan handuk lembut.

Tinggalkan Balasan