Inilah Beberapa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Inilah Beberapa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
24 Feb

Bawang putih merupakan salah satu tumbuhan yang paling penting dalam setiap makanan, yang bisa menambahkan setiap cita rasa dan mempunyai aroma yang bisa membuat hidangantersebut menjadi lebih enak dan sedap. Tah hanya bisa menambahkan cita rasa saja, bawang putih juga ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan loh. Yang salah satunya adalah memiliki Anti inflamasi dan dapat meningkatakan kekebalan untuk memerangi virus dan bakteri, tak hanya itu saja bawang putih juga dapat membantu tubuh mengatasi peradangan.

Hal ini sudah terbukti dalam studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Virus, bahwa para ilmuan melihat renspons peradangan tubuh terhadap infeksi virus dengue yang disebabkan oleh nyamuk. Dalam senyawa aktif dalam bawang putih, dapat membantu mengurangi peradangan akibat penyakit ini. Nah, untuk lebih lanjutnya lagi, pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan :

1. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi peradangan, bawang putih juga ternyata dapat membantu meningkatkan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sehingga, dapat memerangi berbagai jenis penyakit. Penelitian juga, menunjukkan bahwa mengomsumsi suplemen bawang putih dapat meengurangi pilek hingga 63 %. Studi lain juga, telah menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 %.

2. Membantu Mengurangi Tekanan Darah
Studi menunjukkan bahwa mengomsumsi bawang putih memiliki efek signifikan, yang dapat mengurangi tekanan darah pada penderita darh tinggi. Selain itu, ekstra bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selama 24 minggu. Jumlah yang dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini, setara dengan empat siung bawang putih setiap harinya.

3. Dapat Mengurangi Kolestrol
Manfaat lainnya terhadap bawang putih adalah sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol jahat sekitar 10-15 %, dan para peneliti juga telah menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi tingkat kolestrol jahat atau LDL tapi tidak mempengaruhi kolestrol baik atau HDL. Dikarenakan hal ini membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Dapat Mencegah Alzheimer
Di dalam bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab penuaan, bawang putih juga telah terbukti dapat mengurangi stres aksidatif dan dapat mengurangi risiko penyakit otak seperti alzeimer dan demensia.

5. Mendetoks Tubuh
Senyama sulfar di dalam bawang putih terbukti dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat, para studi juga telah mendapatkan bahwa bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 %. Dan hal ini juga, dapat mengurangi rasa sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

6. Dapat Mengatasi Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit utama yang dapat menyebabkan kematian, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa lebih dari 600 ribu orang di Amrika serika setiap tahunnya meninggal karena penyakit jantung. Selain itu juga, sebuah studi 2010 yang dilakukan Institute of Preventive dan Clinical Medicine di Slovaki menunjukkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu untuk mengurangi risiko kolestrol tinggi serta penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat dari bawang putih, yang semoga saja ulasan singkat diatas tadi dapat memberi kita inspirasi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *