Inilah Tempat Wisata Terindah di Minahasa Utara

08 Des

Indonesia patut bersyukur memiliki banyak gugusan pulau yang cantik dan tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya Pulau Lihaga yang berada di Manado. Pulau Lihaga yang tidak berpenghuni ini layak kamu kunjungi apalagi jika gemar melihat taman laut.

Untuk menuju Pulau Lihaga kamu dapat memesan tiket pesawat Lion Air dengan destinasi ke Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi.

Apa saja keindahan yang dimiliki Pulau Lihaga di Minahasa Utara ini? Berikut ulasannya;

Ada Apa di Pulau Lihaga?
Jika berencana untuk berlibur ke pulau sepi nan elok ini sebaiknya saat musim kemarau. Musim panas di Indonesia memang cenderung tak tentu. Namun di 2017 ini menurut data BMKG, puncak musim kemarau jatuh pada Juli hingga September.

Masih ada waktu beberapa minggu lagi untuk memesan tiket pesawat Lion Air. Musim kemarau dianggap lebih baik karena sinar matahari membantu memancarkan kejernihan air laut dan hamparan pasir pantainya yang putih. Namun, bukan berarti selain tiga bulan itu kamu tidak bisa menikmati keindahan dari Pulau Lihaga.

Berenang
Pulau Lihaga memiliki perairan laut yang tenang dan berwarna hijau toska nan jernih. Aktivitas berenang adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan tanpa perlu sertifikat apapun. Jika berani dan mampu untuk menahan nafas hingga kedalaman dua meter, kamu sudah bisa menemukan soft coral yang unik dan cantik. Serta aman untuk diraba.

Snorkeling dan Diving
Keindahan taman laut di Pulau Lihaga tak kalah indahnya dengan Bunaken. Utnuk diving, pastikan kamu sudah memegang sertifikat penyelam ya! Satu hal lagi, untuk snorkeling dan diving, kamu diharuskan membawa perlengkapan sendiri karena belum ada operator khusus di Pulau Lihaga. Lebih baik lagi jika telah membeli tiket pesawat Lion Air, kamu bisa berbelanja online untuk membeli perlengkapan snorkeling.

Berjemur dan Berjalan Mengitari Pulau
Kalau kamu mendambakan warna kulit yang eksotis coklat-coklat bak Turis Latin, silakan berjemur di bawah pohon rindang atau langsung di tepi pantainya. Namun, tetap pergunakan lotion atau sunblock.

Jika tidak berani, kamu bida mengitari Pulau Lihaga yang memiliki luas delapan hektar ini untuk mencari spot foto terbaik. Beberapa spot populer di Pulau Lihaga misalkan berfoto di depan tulisan ā€œSelamat Datang di Pulau Lihagaā€ ataupun dengan foreground Pulau Gangga. Masih banyak spot foto lainnya untuk mendapatkan foto anti mainstream di Pulau Lihaga asalkan kamu benar-benar menjelajahnya.

Berkemah
Wisatawan yang berkemah di Pulau Lihaga tidak akan dipungut biaya lagi. Hanya saja, kamu harus membawa perlengkapan makanan dan minuman dari Kota Manado karena di pulau ini tidak ada warung yang menjual kebutuhan logistik.

Cara dan Rute Menuju Pulau Lihaga
Pulau Lihaga termasuk wilayah administratif Kecamatan Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.  Untuk menuju Lihaga, tentunya kamu harus memesan tiket pesawat terlebih dulu ke Manado.

Layanan pemesanan tiket yang terpercaya contohnya Reservasi.com. Lakukan pemesanan tiket pesawat minimal satu bulan sebelum keberangkatan. booking tiket online di reservasi dapat memudahkan kamu yang sibuk dengan pekerjaannya.

Urusan tiket selesai saatnya persiapkan bujet karena biaya yang dikeluarkan tak hanya booking tiket online di reservasi. Setibanya di Bandara Manado, kamu harus melanjutkan perjalanan darat menuju Pelabuhan Serei. Kurang lebih 90 menit dari Kota Manado.

Lebih baik menyewa mobil jika datang lebih dari dua orang agar tidak lelah naik turun angkutan umum. Dari Pelabuhan Serei, sewa perahu atau speed boat rentang harga mulai dari Rp.800.000,- hingga Rp.2.000.000,- untuk 20 orang penumpang. Ingat, gunakan pedoman share cost ya!

Perjalanan laut menuju Pulau Lihaga kurang lebih 40 menit dan melewati pulau Gangga. Tiba di Pulau Lihaga sediakan dana Rp.20.000 untuk tiket masuk.

Tips Berlibur ke Pulau Lihaga
– Hindari waktu keberangkatan saat peak season di antaranya liburan kuliah, sekolah, dan Hari libur umat Kristiani.
– Lakukan tawar menawar saat menyewa perahu. Jika beruntung bisa mendapatkan harga paling rendah. Biasanya diberikan saat low season.
– Sediakan banyak uang pecahan Rp.20.000,- Rp.5.000,- karena untuk membilas air kamu harus membeli galon seharga Rp.25.000,- agar tidak usah lama menunggu kembalian. Di pulau Lihaga tidak ada air tawar sehingga warga harus mengambilnya langsung dari Serei.
– Sempatkan untuk berwisata kuliner di daerah Lihaga yakni ikan tenggiri yang disajikan dengan sambal dabu-dabu.
– Pastikan selalu menjaga kebersihan walaupun kamu sudah diminta tiket masuk untuk biaya kebersihan tapi pihak pengelola mungkin akan kewalahan jika banyak wisatawan yang datang. Jadi, sediakan kantong atau kresek untuk sampah ya.

Bagaimana elok sekali ā€˜kan Pulau Lihaga? Yuk agendakan liburan ke sini bersama teman-teman atau keluarga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *