Pengobatan Kanker Payudara Sesuai Stadiumnya

14 Des

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang, terutama bagi wanita sangat rentan terhadap kanker payudara yang merupakan tumor ganas akibat terbentuknya pada jaringan payudara. Tumor ganas ini merupakan sekumpulan sel kanker, kemudian berkembang sangat cepat pada jaringan di sekitaran payudara dan bahkan bisa menyebar pada bagian tubuh lainnya jika tidak cepat diatasi.

Umumnya penyakit ini dialami oleh sebagian besar wanita, namun ada juga terjadi pada pria. Sel kanker ini dapat berbentuk berupa jaringan pada lemak di dalam payudara, lobulus atau kelenjar susu maupun duktus atau saluran susu. Perawatan Kanker Payudara harus dilakukan secara cepat dan sesuai dengan stadiumnya.

Untuk mengetahui stadium kanker pasyudara yang Anda alami harus diperika ke dokter dan bertindak secepatnya untuk melakukan pengobatan. Berikut ini beberapa pengobatan kanker payudara sesuai dengan stadiumnya:

-Stadium 1 atau 1A berarti tumor primer yang ukurannya 2 cm atau kurang, ada juga stadium 1B ukurannya lebih kecil dari 2 cm, keduanya dianggap sebagai kanker stadium awal invasip. Pengobatannya adalah harus dilakukan operasi atau terapi adjuvant. Terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi.

-Kanker payudara stadium 2, pada kanker stadium 2A tumor ini lebih kecil dari 2 cm, juga menyebar ke kelenjar getah bening. Stadium 2B yang merupakan tumor antara 2 hingga 5 cm dan belum menyebar ke bagian luar payudara. Pada tahap ini Anda memerlukan kombinasi pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan/atau terapi hormon.

-Kanker payudara stadium 3 atau 3A yang berarti kanker yang telah menyebar hingga sembilan kelenjar getah bening aksila atau pada bagian ketiak. Tumor ini lebih besar dari 5 cm, tumor 3B juga telah menyerang dinding pada bagian kulit atau dada, kalau stadium 3C yang berarti kelenjar getah bening yang sudah ada di dekat tulang selangka. Pengobatannya adalah dengan kemoterapi, dilanjutkan dengan operasi, bisa juga dengan terapi hormon, radisi, hingga sebelum rekonstruksi.

-Kanker payudara stadum 4, pada stadium ini kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya yang lebih luas, bahkan bisa menyebar ke paru-paru, hati, otak atau tulang. Pengobatan utamanya adalah terapi sistemik agresif, namun tergantung pada jenis kankernya.

Itulah beberapa klasifikasi kanker payudara dan penyembuhannya, untuk informasi seputar kesehatan lainnya bisa Anda lihat di https://www.guesehat.com/ dan bisa konsultasi dengan dokter secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *