Cara Merawat & Mengatasi Rambut Kering dengan Bahan Alami

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Kering
04 Des

Mengatasi Rambut Kering – Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat dijaga baik oleh kaum pria maupun wanita. Beberapa dari mereka pun ingin memiliki rambut yang lebat, hitam, lurus, bahkan berkilau ketika terkena cahaya. Oleh karena itu mereka pun berlomba lomba untuk merawat rambut agar terlihat seperti yang mereka inginkan.

Memiliki rambut yang kering bisa jadi mimpi buruk buat sebagain kaum hawa. Selain jadi nggak enak disentuh dan susah diatur, rambut kering keliatan jelek dan kaku. Di Indonesia, permasalahan rambut ini udah dianggap sebagai hal yang lumrah, karena iklim di sini cenderung panas dan kering, untuk itu, harus punya cara jitu untuk perawatannya.

Merawat Dan Mengatasi Rambut Kering

Merawat rambut dengan masalah ini sebenarnya nggak terlalu susah girls, apalagi sekarang udah banyak hair treatment yang dikelompokkan sesuai dengan masalah rambut yang ada, tapi belum tentu bisa teratasi, untuk cara merawat rambut kering dengan perawatan yang benar. Selain itu juga perhatikan cara merawat rambutnya, karena cara yang salah dapat membuat rambut bisa kering dan rusak girls.

Beberapa cara perawatan rambut yang salah dan bikin rambut jadi kering seperti keramas terlalu berlebihan, atau jarang keramas, menggosok rambut berlebihan, mengeringkan rambut basah pakai hairdryer, penggunaan bahan kimia pada rambut lewat pewarnaan dan hairstyling, jarang menutup rambut sehingga terpapar sinar matahari lebih lama dan terus-terusan, kurangnya konsumsi vitamin yang mempengaruhi kekuatan rambutmu dan beberapa masalah perawatan lainnya yang mempengaruhi.

Namun, tentu saja terdapat beberapa rambut yang masih mengalami masalah seperti rambut kering. Rambut kering adalah rambut yang telah mati dan agak sukar untuk ditata sehingga merawat rambut kering harus pas agar tidak memicu terjadinya kerontokan bahkan kebotakan pada rambut sehingga Anda harus segera mengatasi masalah rambut kering ini.

Perawatan rambut kering merupakan langkah yang pas untuk Anda coba dirumah karena persoalan mengatasi rambut kering dengan menggunakan bahan alami ini memiliki banyak keuntungan seperti bahan alami ini mudah di dapatkan, harga yang relatif murah dibandingkan obat rambut ternama, serta mudah bagi kita untuk mengaplikasikan pada rambut kita yang telah kering.

Penyebab Rambut Kering, Mengembang, Kasar, Kusut, Rontok, Bercabang, Keriting dan Kaku

Penyebab Dari Rambut Kering
Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi rambut kering ini, terlebih dahulu kita akan membahas beberapa penyebab rambut kering yang kadang memang menjengkelkan. Diantaranya adalah ;

  1. Menyisir rambut yang masih basah
  2. Kesalahan saat mengeringkan rambut
  3. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
  4. Terlalu sering menggunakan hairdryer
  5. Menguncir rambut
  6. Menggunakan pewarna rambut secara terus menerus 
  7. Terlalu sering menggunakan bahan kimia pada rambut (semir juga bisa lho)
  8. Kurang asupan nutrisi
  9. Jarang olahraga dan juga kurang minum air
  10. Kesalahan memilih shampoo rambut

Dari 10 hal itulah beberapa penyebab dari rambut Anda yang mengering, bercabang, kasar, kusut dan juga bercabang. Jadi sebelum hal itu terjadi Anda dapat mencegah serta menghindari beberapa kegiatan yang membuat rambut Anda menjadi kering dan bercabang.

Namun apabila sudah terjadi maka waktunya untuk mengobati rambut kering anda dengan obat herbal atau alami yang akan admin sampaikan berikut ini.

Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kering

Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Kering
Bagi Anda yang ingin tahu tentang cara melembutkan rambut, maka simaklah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi rambut kering. Di bawah ini mimin kasih ramuan untuk memberi nutrisi pada rambut kita sehingga bisa jauh lebih kuat dan sehat, tentu tanpa tambahan bahan kimia yang bisa menambah masalah rambutnya.

1. Alpukat

Melembabkan Rambut Dengan Bubur Alpukat
Buah yang satu ini selain enak dimakan, kandungan nutrisinya juga bagus untuk mempercantik rambut. Dengan lemaknya yang banyak, menyebabkan alpukat bisa melembabkan rambut yang kering. Cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan balurkan ke rambut secara merata, tunggu sekitar 30 menitan, baru bilas sampai bersih.

2. Kuning Telur

Mengatasi Rambut Kering Dengan Kuning Telur
Kuning telur dipercaya dapat melembabkan kembali rambut Anda yang telah mengering. Caranya cukup mudah, yakni dengan siapkan kuning telur yang telah terpisah dari putih telur lalu kemudian tambahkan 1 sendok makan air bersih lalu kocok hingga merata. Kemudian kocokan kuning telur tersebut oleskan pada rambut Anda hingga merata dan sesekali meremas agar ramuan tersebut meresap pada kulit kepala Anda. setelah dioleskan secara merata lalu kemudian bilas dengan air bersih.

3. Campuran madu dan lemon

Pelembab Rambut Dari Campuran Madu Dan Lemon
Madu udah jelas mampu melembabkan, ditambah dengan lemon, bisa menambah nutrisi untuk rambut yang kering. Kandungan yang ada di dalam dua bahan ini efektif untuk melembabkan. Cukup dua sendok makan dari dua bahan itu, campur rata, lalu balurkan ke rambut, tunggu sekitar 40 menit, bilas sampai bersih.

4. Minyak Zaitun

Mengatasi Rambut Kering Dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun ini memang memiliki kaya akan manfaat bila digunakan pada rambut. Selain dapat mencegah dan mengobati kerontokan pada rambut, minyak zaitun ini juga menjadi salah satu merawat rambut kering yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Caranya pun juga sama yakni siapkan 1 sendok makan minyak zaitun, oleskan minyak zaitun secara merata, diamkan sekitar 5 hingga 10 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih.

5. Gel dari lidah buaya

Mengatasi Rambut Kering Dengan Gel Dari Lidah Buaya
Lidah buaya udah terbukti mempunyai banyak manfaat buat rambut, salah satunya adalah menjadi pelembab rambut yang kering. Kita bisa menggunakan gel yang terbuat dari lidah buaya untuk melembabkan rambut, caranya juga simpel banget, tinggal menggunakannya di rambut dengan dibalurkan aja secara merata baru dibilas sampai bersih menggunakan air.

6. Lemon

Mengatasi Rambut Kering Dengan Lemon
Lemon ini juga dapat melembabkan serta mengkilaukan rambut Anda yang sebelumnya telah mengering. Caranya cukup mudah yakni siapkan 2 sendok teh air perasan lemon, tambahkan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh minyak biji almond. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu oleskan secara merata pada rambut. Setelah itu diamkan dengan menggunakan handuk hangat selama 1 jam dan kemudian bilas dengan shampoo atau air bersih

7. Minyak alami

Mengatasi Rambut Kering Dengan Minyak Alami
Minyak juga mempunyai kandungan lemak yang bisa jadi bahan pelembab alami. Yang bisa digunakan berupa minyak zaitun, minyak almon, dan minyak dari biji bunga matahari. Semuanya bisa menjadi opsi pelembab rambut yang aman, untuk salah satu cara agar rambut tidak mengembang. Caranya sama, balurkan ke rambut, biarkan selama setengah jam, bilas pakai air, lebih baik digunakan setelah keramas.

Yak itulah sedikit tips dari mimin untuk menghindari masalah rambut kering yang sering terjadi di Indonesia. Cara merawat rambut rusak merupakan salah satu cara yang ampuh dan aman. Tentunya hal diatas dapat Anda aplikasikan sendiri dirumah tanpa harus ke salon ya. Semoga bermanfaat ya tips, cara untuk merawat dan mengatasi rambut kering yang semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *